PanduanUsaha.Com

Peluang Bisnis Dan Cara Memulainya

Menu

Analisa Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Rumahan Tanpa Modal Besar

Bisnis hidroponik cabe, Kangkung, Sayuran, Kobis, Dan Buah buahan lain merupakan salah satu jenis usaha hidroponik rumahan yang banyak diminati para pebisnis modern. Dengan Mudahnya cara memulai usaha hidroponik menjadikan bisnis ini sangat prospek untuk dijalankan siapa saja bahkan sekelas ibu rumah tangga yang baru belajar memulai usaha.  Jaman yang semakin modern membawa banyaknya kemajuan dalam segala bidang.Banyak inovasi-inovasi yang membuat semua hal dapat terwujud.Salah satunya adalah bercocok tanam dilingkungan yang tidak memiliki lahan atau berlahan sempit.

Analisa Peluang USaha Cara Memulai Bisnis Tanaman Hidroponik Rumahan Omset Milyaran Dengan Modal Kecil

Bagi anda yang ingin bercocok tanam tapi hanya memiliki lahan sedikit tidak usah khawatir karena bercocok tanam tidak harus menggunakan tanah.Kegiatan bercocok tanam dengan cara ini pun dapat dijadikan peluang bisnis.Bisnis yang dapat dibangun yaitu bisnis tanaman hidroponik.Hidroponik adalah pola bercocok tanam dengan mengandalkan air sebagai pengganti tanah.Hal inilah yang kemudian dilirik oleh beberapa orang untuk beralih dari bercocok tanam dengan media tanah ke model hidropnik sebagai kesempatan membuka pintu usaha.

Siapa Target Pasar Pembeli Hasil Tanaman Hidroponik ?

Mencoba analisa usaha hidroponik cabe ataupun jenis sayuran lain merupakan salah satu langkah memulai bisnis yang menjanjikan. Tapi Banyak orang yang bertanya sebenarnya siapa yang akan kita sasar untuk membeli hasil hidroponik kita ? Bagaimana cara menjual sayuran hidroponik ? Yuk Simak Penjelasanya Disini.

Berdasarkan Fakta Data Ternyata Permintaan sayuran hidroponik saat ini terus meningkat.Dari tahun 2014 lalu terjadi peningkatan sekitar 10-20%/tahun.Permintaan sayuran hidroponik yang terus meningakt ini tak diimbangi dengan produksi dari petani.Hal ini membuat para petani tanaman hidroponik kewalahan memenuhi permintaan.Karena saat ini pemesanan bukan hanya datang dari masyarakat kelas menengah ke atas saja,namun permintaan juga datang dari insudtri kuliner sperti hotel,restoran,dan katering yang juga menggunakan sayuran sehat ini.

Cara Memulai Usaha Hidroponik Secara Lengkap Dan Mudah

Sebelum Kita Membuat analisa usaha hidroponik lengkap yuk kita cermati bagaimana Membuat Bisnis ini dari awal Siapa Tahu Nanti Bisa Menyamai usaha hidroponik bob sadino Almarhum. he he he

Sekarang ini sistem penanaman model hidroponik banyak diminati oleh petani untuk mengembnagkan beberapa sayuran seperti bayam,selada,sawi,dan juga kangkung.Hal ini dilakukan karena di supermarket ternama harga sayuran hidroponik memiliki daya jual yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sayuran biasa.Media tanam yang tidak menggunakan tanah inilah yang menarik konsumen karena keadaan sayuran yang lebih bersih dan sehat tanpa pestisida.Terdapat dua jenis langkah yang dipakai untuk menanam sistem hidroponik yaitu sistem aeroponik dan Nutrient Film Technique (NFT) atau teknik Lapisan Tipis Nutrisi.Namun kendati demikian sistem aeroponik hanya digunakan untuk penelitian saja dan dalam memproduksi komersial khusus,hal ini dikarenakan sistem bercocok tanamnya yang sulit.Padas sistem ini akar tanaman sengaja dibuat menggantung di udara dan harus di embuni dengan nutrisi khusus.

sistem NFT dapat dikatakan lebih produktif karena cara bercocok tanamnya tidak begitu sulit seperti aeroponik.Padas sistem pola tanam NFT ini cara bercocok tanamnya mengandalkan kerja pompa air dan aliran listrik.Jika kedua hal ini mengalami gangguan maka nutrisi yang mengalir ke tanaman pun terganggu.
Jika anda sudah memahami sistem tanam hidroponil sekarang saatnya anda memulai bisnis hidroponik mulai skala rumahan atau langsung mengembangkan sebagai insustri.Bagi anda yang baru akan mulai menanam hidroponil sebaiknya memulai dari kelas rumah tangaa terlebih dahulu dan memasarkan disekitar tempat tinggal anda.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis hidroponik:

1.Hendaknya anda pelajari dan pahami betul tentang menanam sistem hidroponik yang dapat anda dapatkan dari buku,internet atau langsung berkonsultasi dengan ahlinya.

2.Anda harus menentukan jenis tanaman yang akan di budidayakan contoh sayura,buah-buahan,bunga.

3.Selanjutnya anda mulai mencari sistem tanam mana yag pas untuk anda lakukan didasarkan pada sumber daya,ekonomu,lingkungan tempat tinggal anda.Hal ini penting dilakukan karena setiap orang memilik latar belakang yang berbeda.Setelah itu anda mulai berkonsultasi dengan ahli tentang konsep usaha anda

4.Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

5.Gunakanlah peralatan yang sederhan,mudah dan murah tentunya.

6.Mulailah untuk menyebar bibit dengan menggunakan media Rockwool.

7.Belilah nutrisi untuk tanaman hidroponik dan perhatikan cara mengaplikasikannya.

8.Setelah semua alat dan bahan lengkap mulailah praktek dengan cara sederhana dan tidak membuat anda kesusahan.

9.Selanjutnya rawatlah tanaman anda dengan penuh kasih sayang sampai tiba waktunya panen.

Prospek Keuntungan dan Omset Usaha Hidroponik

Keuntungan bercocok tanam hidroponik adalah tidak adanya lahan yang luas untuk menanam tanaman.Anda tidak perlu membuang waktu yang banyak untuk menanam dengan sistem ini.Karena menanam dengan cara ini hanya membutuhkan nutrisi yang cukup sesuai kebutuhan tanaman.Hal ini tentunya mengurangi biaaya operasional produksi.

Selain itu,sayuran hidroponik adalah jawaban bagi masyarakat kalangan menengah ke atas yang mmebutuhkan sayuran sehat,higienis,bergizi tinggi dan yang terpenting adalh terbebas dari zat kimia.Faktor tersebutlah yang membuat harga sayuran hidroponik jauh lebih mahal.Saat ini saja harga selada hidroponik berada dikisaran Rp.40.000-Rp.80.000/kg.Harga akan berubah jika konsumennya berasal dari hotel berbintang atau rsetoran dengan high class yang sangat mengutamakan kualitas.Mereka tidak masalah jika harus membeli sayura hidroponik dengan syarat sayuran tersebut berstandar sesuai aturan yang ditetapkan.

Kendala dan Hambatan Bisnis Hidroponik

Kekurangan pada budidaya tanaman hidroponika adalah membutuhkan biaya yang cukup besar ketika akan memulai usaha ini.Modal yang besar tersebut dibutuhkan untuk memmbuat green house,wada hidroponik,penyiraman dengan kekuatan listrik,dan lain-lain.Faktor ini lah yang membuat orang takut untuk memulai usaha tanaman hidroponik.

Itu adalah cerita dulu karena sekarang sudah ada yang lebih mudah yaitu wadah tanaman hidroponik diganti dengan bekas kemasan air mineral.Sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membuat wadahnya dan anda sebagai pemula dapat segera memulai usaha tanpa modal banyak.Dengan menggunakan bekas kemasan air mineral,maka secara tidak langsung kita ukut menjaga lingkungan dari sampah plastik.

Strategi Pemasaran Hasil Sayuran dan Buah Hidroponik

Target pasar untuk pendistribusian hasil tanaman hidroponik adalah masyarakat kalangan menengah ke atas.Untuk dapat menjangkau kalangan tersebut hendaknya anda bekerja sama dengan supermarket,hotel,restoran,dan katering sebagai suppllier mereka.

Langkah selanjutnnya yaitu mengenalkan kebun hidroponik kita sebagai tempat wisata untuk belajar.Cara promosi demikian cukup efisien karena para pengunjung tidak hanya memetik sendiri sayuran,mereka juga bisa membeli sayuran tersebut.Dan sebagai nilai plus bagi usaha anda,adakan pelatihan tentang cara menanam hidroponik.Dengan begitu anda akan mendapatkan penghasilan dari beberapa faktor.

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Hidroponik Di Rumah

Hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis hidroponik adalah memastikan kebutuhan air dan nutrisi selalu terpenuhi.Air tidak boleh habis karena akar tanaman harus selalu terkena air yag berfungsi pengganti tanah sebagai medianya.Tanaman hidroponil harus selalu terkena paparan sinar matahari.Tanaman hidroponik dapat dilakukan di dalam rumah dengan cara mengganti sinar matahari menggunakan lampu violet point.Langkah terakhir yaitu gunakanlah green huse agar tanaman terhindar dari hama.

Analisa Bisnis Selain : Analisa Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Rumahan Tanpa Modal Besar

Page

    Page

      Page