PanduanUsaha.Com

Peluang Bisnis Dan Cara Memulainya

Menu

Analisa Untung Rugi Bisnis Rental Mobil Travel Perusahaan dan Perorangan

Analisa usaha rental mobil banyak diminati oleh pemain bisnis jasa travel karena secara hitungan kasar usaha travel mobil pribadi cukup menjanjikan. Walaupun resiko bisnis rental mobil ini cukup besar dengan potensi kehilangan unit namun semua itu bisa diatasi dengan berbagai trik yang pasti akan dibagikan. Banyaknya orang yang ingin mudik ke kampung halaman masing-masing membuat angkutan umum padar bahkan tiket pun ludes.

Analisa Usaha Untung Rugi Kerjasama Bisnis Rental Mobil Travel Perusahaan dan Resiko Cara Merentalkan Ke Perorangan Rumahan

Hal ini membuat orang memilih alternatif lain untuk mudik seperti menyewa mobil di jasa rental mobil.Alternatif ini banyak dipilih oleh sebagian masyarakat karena dinilai lebih efektif dan juga hemat ketika harus mudik.Terlebih jika harus membawa rombongan keluarga pulang kekampung halaman.Faktor ini yang menyebabkan kebutuhan konsumen pada jasa sewa mobil semakin meningkat.Tak ada salahnya jika anda menjadikan ini sebagai kesempatan untuk membuka usaha jasa rental mobil yang nantinya akan laris dan semakin laris ketika lebaran datang.

Siapa Calon Konsumen Penyewa Mobil ?

Konsumen yang dapat dijadikan sasaran dalam bisnis jasa sewa mobil ini yaitu semua kalangan masyarakat.Bahkan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah saat ini mulai merambah untuk menggunakan jasa sewa mobil untuk mengangkut keluarganya pulang ke kampung halaman.Hal ini dilakukan karena harga sewa mobil hampir sama dengan harga sewa tiket untuk pulang pergi kampung halaman.Menggunakan jasa rental mobil juga lebih menguntungkan karena mobil dapat digunakan untuk liburan bersama keluarga ketika berada di kampung halaman. Bisnis rental mobil rumahan Selalu menjanjikan untuk dilakoni para pebisnis

Informasi Seputar Bisnis Rental Mobil Ke Perusahaan dan Perorangan

Umumnya,mobil yang digunakan oleh pelaku usaha untuk rental seperti mobil Avanza, Innova, Xenia, APV, Kijang Kapsul, Panther, serta beberapa jenis mobil kecil seperti Honda Jazz, Karimun, dan lain sebagainya.Sedangkan untuk cara penyewaan setiap pengusaha biasanya memberlakukan peraturan yang berbeda-beda.Ada beberapa yang menyewakan mobilnya khusus di dalam kota,dan ada pula yang menyewakannya di luar kota.Sedangkan untuk waktu penyewaan pun sangat beragam seperti tiap 6 jam,8 jam,12 jam dan 24 jam. Bahkan ada pengusaha rental yang menyewakan mobilnya hingga 1 bulan untuk konsumen yang membutuhkan kendaraan rutin.

Tips Dan Cara Merentalkan Mobil Ke Perusahaan Maupun Pribadi

Bagi pemula yang berminat membuka jasa rental mobil di hari lebaran atau ahri-hari biasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga dipersiapkan.Simaklah ulasan berikut ini untuk informasi bisnis rental mobil:

1. Siapkanlah beberapa mobil yang akan disewakan.Sebaiknya sediakan mobil jenis keluarga agar dapat menampung penumpang yang banyak.Contohnya seperti mobil jenis Xenia, Avanza, Innova, APV, dan lain-lain.Jangan lupa lengkapi kendaraan anda dengan surat-surat yang berlaku sesuai ketentuan demi kenyamanan bersama.

2. Jika modal anda terbatas,anda dapat melakukan kerja sama dengan pemilik mobil agar mau menitipkan mobilnya sebagai mobil rental.Hal ini tentunya akan menambah penghasilan bagi anda.Sedangkan untuk pembagian hasil bisa ditentukan berdasarkan jenis mobil,merk mobil dan juga tahun produksi mobil.Misalkan untuk jenis mobil Toyota kijang Lx tahun 2000 berharga jual 80 juta sehingga setiap bulannya pemilik mobil mendapat komisi sebesar 2 juta rupiah.Sehingga setiap bulannya pemilik mobil mendapat bagian 2 – 2,5%.

3. Lengkapi bisnis anda dengan pembukuan dan manajemen yang baik.Sehingga pendapatan dan orang yang menyewa mobil anda dapat tercatat dengan baik.Hal ini dapat meminimalisir jika terjadi kecurangan atau masalah.

4. Anda juga harus menjalin kerjasama dengan bengkel mobil.Hal ini penting dilakukan karena mobil-mobil anda pasti membutuhkan perawatan yang rutin demi kenyamanan konsumen.Selain itu,bekerja sama dengan bengkel akan meminimalisir pengeluaran untuk memperbaiki mobil jika dibandingkan dengan bengkel yang smebarangan atau kurang kenal dengan pemilik bengkel.

5. Sediakan juga jasa sopir bagi konsumen yang membutuhkan driver.Pilihlah sopir yang memiliki pengalaman perjalanan sehingga mampu mengenal rute perjalanan baik dalam kota maupun luar kota.Sopir juga harus dilengkapi dengan surat izin mengemudi dan keterampilan menyetir yang bagus.

Untung Rugi Bisnis Rental Mobil ( Prospek dan Resiko )

Setiap Bisnis Menjanjikan Keuntungan dan Kerugian Termasuk dalam Kerjasama Bisnis Rental Mobil Dengan Perusahaan Maupun Dengan Perorangan. Nah apa saja Potensi Bisnis Ini? Yuk Simak Penjelasanya Dibawah ini

A. Prospek Keuntungan Bisnis Rental Sewa Mobil

Meningkatnya pola dan gaya kehidupan masyarakat di beberapa daerah saat ini menyebabkan meningkatnya minat dan kebutuhan masyarakat terhadap penyewaan jasa rental mobil.Saat ini perkembangan bisnis rental mobil di negara kita mengalami peningkatan sekitar 20-30%/tahun.Presentase peningkatan tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya,namun jika kondisi perekonomian negara terus stabil maka daya beli konsumen pun akan terus meningkat.Terlebih jika memasuki musim lebaran akan terjadi kenaikan permintaan dari konsumen sehingga tidak memungkinkan harga sewa juga dapat dinaikkan berlipat-lipat sehingga keuntungan yang anda dapatkan juga akan bertambah berlipat-lipat.

B. Hambatan dan Resiko Usaha Sewa Mobil

Keuntungan bisnis sewa mobil memang cukup tinggi,namun resiko yang akan dihadapi juga tinggi.Resiko yang biasa membayangi pengusaha rental mobil adalah pencurian dan juga kecelakaan mobil.Namun hal ini dapat di antisipasi dengan cara menggunkan asuransi mobil,sehingga jika terjadi sesuatu yang buruk akan ditanggung oleh jasa asuransi.

Sedangkan untuk mengantisipasi pencurian,anda dapat mengantisipasinya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu menggunakan GPS.GPs akan mengawasi mobil anda.Jadi pastikan GPS anda tidak diketahui oleh konsumen sehingga anda bisa mengawasi mobil anda dari depan komputer yang sudah terhubung dengan mobil anda.Bahkan saat ini ada GPS yang memiliki fitur record log yang berfungsi merekam semua perjalanan mobil anda mulai dari rute,waktu,dan lain-lain.

Cara Memasarkan Bisnis Rental Mobil ( Sewa Armada )

Awal pemasaran dapat anda lakukan dengan cara memberitahu teman,keluarga,kerabat,atau tetangga anda tentang bisnis anda.Sedangkan untuk kedepannya bisnis sewa mobil ini tidak hanya dipasarkan di masyarakat umum tapi juga dapat mendekat ke instansi-instansi swasta/pemerintah dengan cara membuat penawaran dalam bentuk proposal yang berisi menyediakan jasa sewa mobil untuk keperluan kantor.Biasanya pemilik usaha menawarkan sewa dengan sistem tahunan atau bulanan kepada instansi perkantoran.

Untuk memperkuat promosi serta bertujuan agar konsumen tahu tentang keberadaan usaha anda,anda dapat memasang spanduk,neon box,atau banner yang cukup besar didepan lokasi usaha anda.Selanjutnya anda dapat membuat kartu nama dan juga brosur untuk dibagikan kepada konsumen.Untuk lebih memajukan promosi anda tinggal melakukan promosi secara online untuk memperluas pasar.Misalkan saja membuat website berbayar atau gratisan dan juga dapat membuat sosial media tentang usaha anda.Promosi di media cetak juga perlu seperti menaruh iklan usaha anda di iklan baris atau disampul koran.

Rahasia Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil Pribadi dan Perusahaan

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis ini adalah memahami kebutuhan armada yang dicari oleh konsumen,contohnya kebutuhan mobil keluarga dan jangan lupa memberikan kenyamanan pada konsumen selama perjalanan menggunakan armada anda.Selalu pastikan bahwa kendaraan anda dalam keadaan baik sehingga tidak menghambat perjalanan konsumen selama melakukan perjalanan.Kunci sukses selanjutnya yaitu buatlah kontrak resmi perjanjian sewa mobil dengan konsumen.Dan kunci sukses terakhir yaitu lengkapi kendaraan anda dengan GPS serta asuransi all risk untuk mengantisipasi resiko pencurian dan kecelakaan.

Analisa Bisnis Selain : Analisa Untung Rugi Bisnis Rental Mobil Travel Perusahaan dan Perorangan

keuntungan menitipkan mobil di travel

Page

    Page

      Page