Media Informasi Peluang Usaha

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut yang hidup secara alami di alam liar. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara Beternak Belut atau Budidaya Belut sebagai salah satu alternatif usaha sampingan.

Berternak Belut atau Budidaya Belut
Belut Hasil Budidaya yang dijual dipingir jalan Raja Desa Bulukarto Kabupaten Pringsewu – Lampung

Keuntungan Budidaya Belut

Bisnis Beternak Belut atau Budidaya Belut bisa dilakukan sebagai usaha sampingan yang menawarkan keuntungan yang cukup menjanjikan, belut juga dipasarkan ekspor ke beberapa negara. Dengan menekuni bisnis Beternak Belut atau Budidaya Belut banyak pemula yang belum mengetahui seluk beluk teknik Beternak Belut atau Budidaya Belut sehingga kurang memberikan hasil yang memuaskan.

Kendala Budidaya Belut

Ada beberapa kendala kasus yang sering ditemui dalam melakukan Beternak Belut atau Budidaya Belut, diantaranya permasalahan tersebut misalnya adalah belut tidak bisa besar, belut banyak yang mati dan lain-lain. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, perlu pengetahuan teknik Beternak Belut atau Budidaya Belut yang cukup.

Media Budidaya Belut

Media pemeliharaan untuk Beternak Belut atau Budidaya Belut bisa berupa kolam semen, kolam terpal dan bahkan drum bekas yang penting belut tidak lari keluar media. Ukuran kolam juga disesuaikan dengan ketersediaan lahan dan tentunya ini berkaitan pula dengan bibit belut yang akan di tebar. Selain itu kolam untuk Beternak Belut atau Budidaya Belut diupayakan menyerupai habitat aslinya, untuk membuat demikian media pada kolam diisi dengan tanah sawah atau lumpur kolam yang sudah dikeringkan, pupuk kandang, pupuk kompos atau sekam/gabah padi yang sudah dibusukan, bisa juga dengan jerami padi, cincangan batang pisang, pupuk orea dan pupuk NPK.

Penempatan media tersebut di atas dilakukan dengan perbandingan:

  1. Lapisan pertama paling bawah jerami padi dengan tinggi/tebal 5 cm, ditaburkan secara merata pupuk orea 5 kg dan pupuk NPK 5 kg, untuk ukuran kolam 500 cm x 500 cm, apabila kolam nya lebih besar atau lebih kecil ukuran nya dari ukuran ini perbandingan pupuk di atas bisa menjadi acuan.
  2. Lapisan kedua tanah atau lumpur setinggi 5 cm.
  3. Lapisan ketiga pupuk kandang setinggi 5 cm.
  4. Lapisan keempat pupuk kompos setinggi 5 cm, untuk lapisan keempat tanah atau lumpur  tinggi 5 cm.
  5. Lapisan kelima adalah lumpur cincangan batang pisang setinggi 10 cm.
  6. Lapisan keenam adalah tanah  lumpur setinggi 10 cm.
  7. Lapisan ketujuh adalah air setinggi 10 cm dan di atas air ditanami secara merata tumbuhan enceng gondok sampai menutupi 3/4 permukaan kolam.

Setelah semua media terisi didalam  kolam diamkan media pemeliharaan tersebut selama 2 minggu agar seluruh media mengalami fermentasi dan setelah 2 minggu selesai proses fermentasi nya maka, benih atau bibit belut dapat dimasukkan ke kolam pemeliharaan tersebut.

Memilih Bibit Belut

Selanjutnya untuk mengoptimalkan hasil panen Beternak Belut atau Budidaya Belut diperlukan teknik pemeliharaan bibit yang baik dan tepat sehingga memperoleh belut berkualitas baik dan tidak menghasilkan keturunan up normal. Benih belut yang dipilih harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  • Anggota tubuhnya masih utuh dan mulus yaitu tidak ada luka bekas gigitan
  • Gerakan tubuh lincah dan agresif
  • Penampilannya sehat yang di ciri kan dari tubuhnya yang keras tidak lemas jika dipegang
  • Tubuhnya berukuran kecil dan berwarna kuning kecoklat-coklatan dan usianya sekitar 2 bulan atau 4 bulan.

Fakta seputar kehidupan belut.

Belut mempunyai kelamin ganda pada kehidupannya, belut menjalani pergantian kelamin dari betina ke jantan dalam siklus kehidupannya. Belut muda selalu berkelamin betina, sedangkan belut yang sudah tua selalu berkelamin jantan dan karena sifat-sifat belut serupa itu, maka pada belut bisa mengalami masa kosong kelamin atau disebut banci. Dengan adanya perubahan kelamin inilah pada belut sering terjadi kanibalisme, saling bunuh dan makan diantara mereka sendiri.

Makanan Belut :

Secara alamiah belut memakan berbagai jenis binatang kecil yang hidup atau terjatuh dalam air seperti serangga, siput, dan juga cacing anak katak serta anak ikan. Jadi belut tergolong hewan karnivora yaitu ikan pemakan binatang lain. Belut yang masih kecil memakan zooplankton yang halus seperti antara lain protozoa atau hewan bersel satu, microcrustacean atau udang-udangan renik, invertebrata, microscopic atau hewan-hewan tak bertulang belakang yang keci-kecil sedangkan belut yang mulai dewasa memakan larva-larva serangga, cacing, siput, berudu kodok dan benih-benih ikan yang masih lemah.

Karena belut menyukai binatang hidup, maka tidak mudah belut mencari makanan. Untuk itu belut menyergap mangsanya dengan membuat lubang perangkap, lubang ini dibuat dengan menggali lumpur baik ditepian perairan maupun ditengah sawah atau rawa. Lubang penyergap ini bergaris tengah 5 cm dan memanjang seperti terowongan bentuk lubang mula-mula tegak kebawah lalu membengkok dan mendatar.

Pemanenan Budidaya Belut

Untuk memanen belut diperlukan ketepatan waktu panen diperlukan wadah penampung juga perlu disiapkan untuk membawa belut hasil panen dilokasi penjualan. Belut siap panen untuk kebutuhan pasar lokal dari mulai penaburan benih sampai pemanenan minimal 3 bulan dengan jumlah per kg sekitar 20-30 ekor. Untuk pemenuhan kebutuhan pasar ekspor dari mulai penaburan benih minimal 8 bulan dengan jumlah per kg nya dibawah 7 ekor.

Itulah berbagai tahapan dan teknik Beternak Belut atau Budidaya Belut sebagai usaha sampingan, saya berharap informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta bahan referensi jika anda ingin mencoba usaha baru.

A d v e r t i s e m e n t s



61 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Budi santoso says:

    Mau tanya Gan…masa kanibal umur berapa?…matur suwun..

  2. jihad ansori says:

    saya tinggal di lampung timur, bagaimana caranya mendapatkan benih belutnya???…unutk kolam sudah siap….
    terima kasih…

  3. rabani says:

    minta noHPnya bleh g mas…

  4. lkalau di lamtim cri benih belutnya dimana? Tøløñg jawab

  5. bunagi says:

    apa saja yang perlu disiapkan sebelum memulai persiapan kolam ikan belut

  6. bunagi says:

    apa saja yang perlu disiapkan sebelum memulai persiapan kolam ikan belut?

  7. zulhairi says:

    Trrims..artikelnya oke banget…tlg infokan peluang pasar dan olahan hasil bididaya belut…ada gak komunitas peternak belut? Tolong info dong

  8. zulhairi says:

    Ada gak hasil olahan belut siap jual???pasar di lombok oke banget

  9. theo says:

    Beli bibitnya di mana ya gan? Untuk daerah bulok apakah ada yg jual bibit

  10. bunagi daud says:

    bagaimana caranya memisahkan benih belut dari induknya…? mksh

  11. bunagi daud says:

    bagaiman cara memisahah, dan umurnya berapa baru anak belut dapa dipisahkan dari induknya?…mkh

  12. habibi alex says:

    saya ingin tahu bagaimana caranya membawa hasil panen yang sangat jauh agar belut tsb tdak mati, yang di perjalanan menempuh jarak sekitar 20 jam perjalanan.

  13. Masri says:

    Sob airnya perlu diganti. Kalau perlu brapa x…..

  14. sunardi says:

    aslm… pak mau nanya, untuk mendapatkan bibit dimana, harga, minimal pesan berapa kg. posisi saya berada di kota lubuklinggau prov Sumsel mksh infonya pak, smoga barokah……was……

  15. G mana cara mengembang biakkan belut

  16. miftah says:

    bisa beli bibitnya ?

  17. beni wahyuna says:

    Cara memilih jantan dan betina nyaa bagaimana?

  18. arif says:

    menginspirasi. makasih infonya.

  19. Wah mantap juga buat referensi usaha sampingan. Tapi ada sedikit pertanyaan nih gan, “Induk, kan KATANYA bisa berkembang biak max 3 kali tuh, untuk cari induk baru boleh tidak di ambil dari anak-anaknya.

    Thanks yaaa…

  20. Kahfy says:

    Tlng informasix Bang..??
    Lokasi Penjualan Bibit BELUT !
    sy dari Bone Sulawesi Selatan

  21. Roby says:

    Penyakit-penyakit belut apa aja si…?

  22. syamsi says:

    Sy di kalbar mau cari bibit belut susah apa harus mancing dulu ya ke rawa?

  23. mahrus ali says:

    bagaimana cara mendapatkan bibit belut? syukron

  24. Issac Maez says:

    Hallo, wah baru tau nih info yang kayak beginian… Makasih buat penulis atas artikel yang sangat bermanfaat ini…. Oh ya, kalau butuh info tentang Peluang bisnis dan usaha yang pas untuk ibu rumah tangga, silahkan mampir ke web/blog saya ya.. :) — – Tapi jangan lupa menyertakan link sumbernya ya :)….. Sekali lagi terima kasih :)

  25. ali masyhad says:

    trims artikelnya
    sangat bermanfaat

  26. Riyan says:

    Rokan Hulu,Riau,nayak ms dimana bisa mendapat kn bibit nya

  27. Numpang nanya info pak…saya tinggal di kota pati jateng untk beli bibitnya dmn..? Makanan nya belut yg pasti dan mudah didpt berupa apa?? tks

    • Saya ada bibit belut dn pembelajarany ada pda saya datang aja y mas atau pak di wilaya jatim bojonegoro dsa gunung sari tny nama saya masnur tenks krja sama yg baik ok nmer hp 085695476189 hbungi sya ya

  28. Hasanudin says:

    Belut??? wah seneng banget, tapi itu lho| meliharanya repooooot. Kepasar aja ah, beli jam 8, jam 9 udah disantap. Tks mas infonya.

  29. Eko M says:

    ada katalog lengkapnya gak pak, dimana cara mendapatkan bibitnya, saya di kalsel

  30. masrialdi says:

    bagai mana cara menentukan belut telah menetas

  31. dedy says:

    jika ada yg butuh belut konsumsi atau untuk bibit hub saya di 081340365112

  32. andi says:

    beli bibt nya di mana mas bro??

  33. foredi gel says:

    Salam kenal dan salam silaturahim, sebab dengan beranjangsana dan bersilaturahim akan membuka pintu rizki kita semua.
    - Foredi Gel Herbal alami rekomendasi boyke bikin tahan tahan lama, makin disayang istri.
    - Kapsul gasa – gagah perkasa,
    - Ladyfem, solusi wanita frigid kurang bergairah
    - Tisu majakani obat keputihan,
    - oris cream breast pengencang payudara
    - Pelangsing alami feminique.
    All Produk Ready stock
    Terima kasih dan semoga sukses selalu. Amien

  34. TARYANI says:

    klau di jakarta utara khususnya kec. cilinng dimana itu penjual bibit belutnya bpk/ibu
    TERIMAKASIH

  35. andy says:

    lam kenal mas…saya tinggal di Duri Riau,dmana saya bisa beli benih belut?trims,dtunggu jawabannya y…trims

  36. kenapa klo bagi orang pemula klo mau usaha belut bibitnya banyak yang mati? apalagi belutnya dari mitra belut?

  37. di mana saya bisa belajar langsung peraktek beternak belut mohon petunjuknya

  38. arya dwi hidayat says:

    saya dibogor mau tanya yg jual bibit belut untuk daerah bogor dan sekitarnya dmana.trims

  39. ndhoet'z says:

    apakah dlam membuat media belut. perlu d ganti air untuk menghilangkan bau.y…. mksh gan..

  40. elvan says:

    saya elvan
    bagi yang berminat budidaya/telah membudidayakan belut daerah sulawesi dan masih binggung mencari pembeli
    . kami siap membeli belut anda kuota tak terbatas
    . kami siap bermitra dgn anda

    info lbih lanjut hubungi 082343628822.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


A d v e r t i s e m e n t s
  • .