PanduanUsaha.Com

Peluang Bisnis Dan Cara Memulainya

Menu

Usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi atau yang lebih dikenal dengan nama Kedai Kopi ( Coffe Shop ) merupakan sebuah Bisnis Makanan dan Minuman yang cukup menjanjikan untuk ditelisik prospek keuntungan dan analisa kerugianya. Untuk Mendapatkan Analisa Perhitungan Bisnis Warung Kopi baik yang menganut alur Tradisional maupun konsep Modern tetap diperlukan pengamatan seputar Usaha ini.

Meskipun saat ini banyak bermunculan bisnis coffeshop yang ikut bersaing dalam menjual minuman jenis kopi,bukan berarti bisnis warung kopi akan sepi pelanggan.Banyaknya orang yang menyukai minuman dari berbahan jenis kopi membuat bisnis warung kopi akan tetap berjaya karena warung kopi tidak pernah sepi pelanggan.Bagi anda yang sedang ingin memulai membuka bisnis,anda dapat memulainya dengan membuka bisnis warung kopi. Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan,tidak ada salahnya ikut mencoba bisnis ini.

Info Seputar Bisnis Warkop Sederhana dan Coffe Shop Modern Free Wifi

Seiring perkembangan zaman,membuat perubahan gaya hidup pada masyarakat. Termasuk kebiasaan nongkrong rame-rame sambil ngopi. Gaya hidup seperti ini sekarang memang sedang menjamur,baik wanita atau pria,muda atau tua semuanya suka nongkrong sambil minum secangkir kopi. Gaya hidup yang sudah memasyarakat inilah dapat dijadikan peluang usaha bagi anda yang sedang mencari lahan usaha. Selain itu jika anda ingin menambah penghasilan usaha warung kopi ini dapat dijadikan pilihan. Bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di usaha warung kopi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kelebihan usaha,kendala,strategi pemasaran serta gambaran analisa ekonomi yang bisa dijadikan sebagai perhitungan modal untuk usaha warung kopi.

A. Siapa Target Konsumen Bisnis Ini ?

Usaha Warung Kopi

Bisnis coffe shop memang sedang menjamur,namun anda tidak perlu khawatir karena setiap bisnis pasti akan memiliki area pasar sendiri. Coffeshop biasanya membidik masyarakat kalangan kelas menengah ke atas. Karena harga secangkir kopi dicoffeshop biasanya cukup mahal. Tempatnya pun tidak main-main. Sedangkan warung kopi Sederhana memiliki sasaran konsumen kalangan menengah ke bawah atau dapat juga menjaring semua kalangan untuk menikmati secangkir kopi di warung kopi. Warkop biasanya memiliki sasaran yang memasyarakat dan membumi yaitu dengan cara menawarkan harga yang ekonomis dan tentunya tidak menguras kantong. Sehingga semua orang dapat menikmati kopi tanpa khawatir dengan harga yang tinggi.

B. Persiapan Sebelum Memulai

Nah Bagi anda yang ingin meniru beberapa pengusaha Kedai Kopi Sukses maka perlu mempelajari analisa bisnis warung kopi ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka Kafe atau warkop yaitu:

1. Konsep dan Bisnis Plan

Langkah pertama sebelum anda membuka warkop adalah membuat konsep jelas yang akan anda bangung seperti menentukan nama warung kopi, memilih menu apa saja yang akan disajikan, menentukan lokasi, merencanakan konsep warung kopi yang menarik. , Desain Warung KOpi Free Wifi, Paket Wifi untuk Cafe dan mengatur jadwal buka warung kopi sesuai dengan waktu luang anda. Misalkan jika waktu anda terbatas dan pulang kerja sekitar jm 3 atau 4 sore,anda dapat membuka warung kopi sekitar pukul 18:00 sampai tengah malam. Sedangkan pada hari libur,anda dapat membuka warung kopi lebih awal.

2. Peralatan dan Perlengkapan Usaha

Peralatan Warung Kopi tentu memiliki varian yang cukup banyak namun kalau misalkan konsep bisnis anda hanya seputar Warkop Sederhana maka tidak perlu menggunakan alat alat yang mahal cukup pastikan ada air panas, gelas dan Kopi itu sendiri. Anda dapat memanfaatkan teras rumah atau halaman rumah untuk membuka usaha warung kopi. Hal ini dapat meminimalisir modal untuk membuka usaha karena anda tidak perlu membayar uang sewa bulanan yang terbilang mahal. Sehingga yang anda butuhkan adalah perlengkapannya seperti meja,kursi,tikar untuk lesehan,gelasmpirin,sendok, dan sebagainya.

3. Menu dan Sajian Makanan

Sajikanlah menu yang cukup banyak agar warung kopi anda memiliki banyak pilihan menu untuk dinikmati konsumen. Selain kopi,anda juga harus menyajikan makanan ringan untuk teman ngopi seperti gorengan makanan kecil dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan menu kopi daerah pada warung kopi anda agar konsumen mengenal beberapa kopi khas daerah di Indonesia seperti kopi toraja, kopi aceh, kopi lampung, kopi bangka, kupi luwak, kopi klothok, kopi buah, capucino, mocca, latte, kopi jahe, dan lain sebagainya.

4. Karyawan dan Tenaga Pembantu

Tenaga yang baik akan mempengaruhi banyak hal termasuk nati dalam pelayanan, penyusunan contoh laporan keuangan warung kopi, Rincian menu dan banyak lagi lainya. Tenaga pembantu sangat dibutuhkan jika anda memiliki pekerjaan utama. Tenaga pembantu dapat meringankan pekerjaan anda. Sehingga pilihlah tenaga pembantu dengan selektif dan jeli agar menemukan tenaga pembantu yang baik dan dapat dipercaya.

5. Fasilitas Pendukung

Selain menyajikan menu yang beragam anda juga harus memperhatikan kenyamanan konsumen. Oleh karena itu anda harus memperhatikan tempat duduk,lampu penerangan,toilet,parkir,dan mushola serta anda bisa menambahkan fasilitas pendukung lainnya seperti hotspot area, layar LCD, TV, dan lain sebagainya.

Analisa Bisnis Selain : Usaha Warung Kopi

bisnis warung kopi free wifi, konsep cafe wifi sederhana, analisa usaha warung kopi free wifi, ke untungan kopi wifi, gambar warung kelontongan di teras rumah, desain warung kopi free wifi, cara dekorasi kedai kopi free wifi, bisnis warung wifi, biaya buka warkop, analisa usaha warung wifi

Page

    Page

      Page